Microsoft PHK 1.900 Karyawan Divisi Gaming, Proyek Game Baru Dibatalkan




Jakarta

Microsoft memangkas 1.900 karyawan di divisi gaming. Sebagian besar karyawan yang terdampak merupakan bagian dari Activision Blizzard, tapi ada sebagian karyawan Xbox dan ZeniMax yang ikut terkena PHK.

PHK kali ini mencakup 8% dari total karyawan di divisi Microsoft Gaming yang berjumlah 22.000 orang. PHK ini juga diumumkan tetapi sekitar tiga bulan sejak Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard senilai USD 68,7 miliar.

CEO Microsoft Gaming Phil Spencer mengatakan PHK kali ini ialah bagian dari rencana eksekusi yang lebih besar yang akan mengurangi area yang tumpang tindih setelah akuisisi Activision Blizzard.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Orang-orang yang terdampak langsung dari PHK ini semuanya berperan penting dalam kesuksesan tim Activision Blizzard, ZeniMax, dan Xbox, dan mereka patut bangga beserta semua yang mereka capai di sini,” kata Spencer dalam memo internalnya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (26/1/2024).

“Kami berterima kasih atas semua kreativitas, semangat, dan dedikasi yang mereka berikan pada game kami, para pemain, dan kolega kami,” sambungnya.

Spencer menambahkan karyawan yang terdampak akan menerima dukungan penuh, termasuk pesangon sesuai aturan hukum lokal. Ia mengatakan Microsoft akan terus berinvestasi untuk mengembangkan bisnis dan mendukung strategi gaming mereka ke depannya.

Bersamaan beserta PHK ini, Presiden Blizzard Mike Ybarra dan Chief Design Officer Blizzard Allen Adham juga mangkat dari Blizzard dan Microsoft. Microsoft akan mengumumkan presiden baru Blizzard pekan depan.

PHK ini juga berdampak pada proyek game survival baru yang sedang dikembangkan oleh Blizzard dan sudah diumumkan dua tahun yang lalu. Game ini dibatalkan dan Microsoft akan menggeser beberapa karyawan yang mengerjakan proyek itu ke proyek baru Blizzard lainnya yang masih dalam tahap pengembangan awal.

PHK besar-besaran di Microsoft menyusul kebijakan serupa yang terjadi di Riot Games, Google, Discord, Twitch, Unity, eBay, dan beberapa perusahaan lainnya. Sepanjang bulan Januari, sudah ada 6.000 karyawan di industri video game yang terkena PHK.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 21.000 karyawan dari 76 perusahaan teknologi yang dirumahkan sepanjang bulan Januari, menurut data Layoffs.fyi.

Simak Video “Microsoft Sempat Salip Apple Jadi Perusahaan Termahal Dunia
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)


amazing)