Batas Waktu Pemesanan Tiket Kereta Api Online dan di Stasiun

Batas Waktu Pemesanan Tiket Kereta Api Online dan di Stasiun



Jakarta

Batas waktu pemesanan dan pembelian tiket kereta api perlu diketahui. Informasi ini bermanfaat selaku persiapan pemesanan tiket kereta api sejak jauh-jauh hari. Atau agar tidak terlambat untuk melakukan pembayaran atas pemesanan tiket.

Ketentuan batas waktu pemesanan dan pembayaran tiket kereta api secara online maupun offline di stasiun telah diatur oleh KAI. Untuk mengetahui lebih lanjut simak penjelasan keputusannya berikut ini:

Menurut penjelasan yang dibagikan melalui akun resmi KAI, keputusan batas waktu pemesanan tiket kereta api secara online ialah dari 30 hari sebelum tanggal keberangkatan, yang berlaku sejak pukul 00.00 hingga paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara untuk batas waktu pembayaran tiket kereta api online berlaku 60 menit (1 jam) sejak pemesanan sukses (jika pemesanan lebih dari 3 jam sebelum waktu keberangkatan), dan 15 menit (jika pemesanan kurang dari 3 jam sebelum waktu keberangkatan.

Ketentuan di atas berlaku untuk pemesanan/pembelian tiket kereta api secara online melalui website resmi KAI atau aplikasi Access by KAI. Berbeda keputusannya untuk pemesanan/pembelian tiket kereta api secara online melalui channel eksternal/kawan resmi penjualan.

Ketentuan batas waktu pemesanan tiket kereta api secara online melalui channel eksternal/kawan resmi penjualan ialah paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Dengan batas waktu pembayaran berlaku paling lambat 30 menit selepas pemesanan sukses.

Sedangkan untuk keputusan batas waktu pemesanan tiket kereta api secara offline atau langsung di loket stasiun ialah dari 30 hari sebelum tanggal keberangkatan, yang berlaku sejak pukul 00 hingga paling lambat 3 jam sebelum waktu keberangkatan (dilayani secara go show).

Untuk pembayaran tiket kereta api go show dapat Dilaksanakan secara langsung di loket stasiun. Berikut langkah-langkah yang Dilaksanakan untuk melakukan pemesanan/pembelian tiket kereta api go show secara offline atau datang langsung ke loket stasiun keberangkatan:

  1. Datang ke loket stasiun kereta api keberangkatan, paling cepat 2 jam sebelum waktu keberangkatan.
  2. Sampaikan ke petugas loket ingin memesan tiket kereta go show beserta tujuan dan jumlah penumpang.
  3. Petugas loket akan memberikan penjelasan tiket kereta go show, harga dan kelas kereta api yang tersedia.
  4. bila masih eksis tiket go show yang tersedia, pemesan/pembeli dapat meneruskan pemesanan/pembelian.
  5. Pemesan/pembeli akan dimintai kartu identitas untuk meneruskan pemesanan/pembelian tiket kereta.
  6. Lakukan pembayaran sesuai harga yang dibeli kepeksis petugas loket di stasiun keberangkatan.
  7. Setelah pembayaran sukses, tiket akan diberikan sesuai kode booking dan bisa langsung melakukan boarding.

Sebagai penjelasan tambahan tertambat batas waktu pemesanan dan pembelian tiket kereta api, biasanya KAI juga memberlakukan keputusan batas waktu khusus peksis event-event khusus. Seperti batas pemesanan tiket untuk masa Lebaran 2024 yang dapat dipesan sejak 45 hari sebelum tanggal keberangkatan.

(wia/imk)