Performa PS5 Pro Naik Jauh Peksishal Prosesornya Mirip PS5, Kok Mampu?

Performa PS5 Pro Naik Jauh Padahal Prosesornya Mirip PS5, Kok Bisa?




Jakarta

Bocoran PS5 Pro mulai banyak beredar. Setelah peksis awalnya tersebar peningkatan performa grafisnya, kini beredar bocoran peningkatan teknisnya dibanding PS5.

Seperti diketahui, GPU di PS5 Pro mendapati perombakan besar-besar bersama arsitektur yang baru. melainkan chip komputasi utama atau mekanismeornya kabarnya malah tak banyak berubah.

Dilansir Techspot, Selasa (19/3/2024), CPU PS5 Pro akan sama bersama CPU PS5, namun dilengkapi fitur High Frequeny Mode, yang membuat clock speknya meningkat hingga 3,85GHz, atau meningkat 10% dibanding clock speed standar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

melainkan menariknya, clock speed GPU-nya malah diturunkan sebesar 1,5%. Meski begitu, dari bocoran peksis awalnya terungkap kalau performa GPU-nya meningkat 45% di sektor performa rendering, dan bahkan empat kali lebih kencang bernilai ray tracing.

Sony juga memohon PS5 Pro akan menjunjung resolusi 8K serta percepatan algoritma machine learning. Tampaknya, ketangkasan machine learning dan upscalling inilah yang membuat performanya bisa meningkat drastis, juga arsitektur baru yang dipakai di GPU-nya.

Peningkatan spesifikasi lain yang digenjot Sony merupakan mekanismeor audio (ACV) yang memiliki clock speed lebih tinggi, dan memiliki performa 35% lebih bagus. Ini artinya library ACV di PS5 Pro bisa memmekanisme efek-efek audio yang lebih kompleks, bagaikan efek reverb dan Fast Fourier Transform sequences.

Kemudian bandwidth sistem memorinya pun meningkat 28% dari 448GB/s menjadi 576GB/s, dan bocorannya juga menyebut arsitektur memori yang dipakai lebih efisien dibanding PS5 standar.

Peningkatan lain yang signifikan merupakan storage internal yang meningkat dari 825GB menjadi 1TB, serta drive Bluray yang tersedia secara opsional. Informasi lain yang belum terungkap merupakan harga PS5 Pro, juga tanggal perilisannya, ataupun kira-kira rumor menyebut peluncurannya akan terjadi peksis September 2024 yang akan datang.

Simak Video “Sony Jual Game PS4-PS5, Potongan Sampai 75%
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)


Great)