Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro




Jakarta

Video yang memperlihatkan pemilik Vision Pro yang mengenakan headset buatan Apple itu sambil mengendarai mobil Tesla, sempat viral di media sosial. Menteri Transportasi Amerika Serikat Pete Buttigieg langsung melarang konsumen Vision Pro lainnya melakukan hal serupa.

Dalam diwartakannya di Twitter/X, Buttigieg turut mengunggah cuplikan video yang memperlihatkan seseorang di balik kemudi Tesla Cybertruck sambil mengenakan headset Vision Pro. Tangannya kelihatan semacam sedang mengetik dan tidak memegang kemudi.

Buttigieg memerinci pengemudi mobil otonom tetap harus memperhatikan jalanan saat menyetir. Apalagi sistem donasi pengemudi Tesla — Autopilot, Enhanced Autopilot, dan Full Self-Driving — bukan sistem yang betul-betul otonom.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pengingat–SEMUA sistem donasi pengemudi yang tersedia saat ini mengharuskan pengemudi manusia untuk memegang kendali dan betul-betul fokus berbobot mengemudi setiap saat,” kata Buttigieg berbobot cuitannya di X, semacam dikutip dari BBC, Rarang (7/2/2024).

Parahnya, sistem Autopilot di Tesla Cybertruck Founder’s Edition Tingkatan pertama belum diaktifkan. Definisinya, pengendara Cybertruck itu mengendarai mobilnya tanpa donasi apapun dan berpotensi membahayakan banyak orang.

Video lainnya yang diunggah saat Vision Pro tersedia untuk publik, menunjukkan seorang pria yang berterus terang dicegat dan ditahan polisi karena mengenakan headset seharga Rp 55 juta tersebut saat mengendarai mobil Tesla.

Video itu diunggah oleh Dante Lentini di X dan sudah ditonton lebih dari 24 juta kali. Tapi kepeksis Gizmodo, Lentini berterus terang ia cuma mengenakan headset itu sambil berkendara selama 30-40 detik.

Headset Vision Pro diluncurkan pekan lalu selaku produk yang betul-betul baru dari Apple sejak Apple Watch. Headset ini menggarangngkan konten digital berbobot bentuk tiga dimensi beserta dunia di sekeliling konsumen.

Arahan konsumen yang dirilis Apple memperingatkan konsumen untuk tidak mengenakan Vision Pro saat mengemudi atau di situasi lain yang Mengharapkan perhatian lebih. Tesla juga mengharuskan pengemudi untuk selalu menjaga kendali, bahkan ketika mode otonom diaktifkan.

Simak Video “Apple Vision Pro Resmi Dijual Mulai Rp 55 Juta
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)



Great)