Kisah Fitur Windows yang Sudah 30 Tahun Tak Diperbarui

Kisah Fitur Windows yang Sudah 30 Tahun Tak Diperbarui




Jakarta

Alkisah 30 tarikh di kantor pusat Microsoft Redmond, Washington, Amerika Serikat, seorang pengembang software membeberkan Sebesar kode untuk sebuah dialog box yang sedang ia garap.

Box ini semestinya cuma dipakai Selama di Windows, jadi si pengembang ini tak merasa perlu untuk memberikan fitur yang kompleks, ataupun mendandaninya beserta tampilan yang menarik.

melainkan ternyata box buatannya itu hingga kini tak diperbarui oleh Microsoft, dan masih memiliki tampilan sama di Windows 11, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (26/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Si pengembang itu ialah Dave Plummer, kini sudah tak bekerja di Microsoft, dan dialog box yang dimaksud ialah fitur untuk mem-format drive. Plummer menceritakan kisah pembuatan fitur yang 30 tahun tak diganti oleh Microsoft itu lewat unggahannya di X.

“Kami memporting bajilion (sangat banyak-red) barisan kode dari tampilan antarmuka Windows 95 ke NT, dan Format ialah salah satu tempat di mana Windows NT cukup berbeda dari WIndows 95, jadi aku harus membuat tampilan antarmuka custom,” tulis Plummer.

“Saya mengambil selembar kertas dan menuliskan semua opsi dan pilihan yang bisa diambil untuk memformat disk, bagaikan filesystem, label, ukuran cluster, kompresi, enkripsi, dan lain serupanya,” tambahnya.

Kemudian Plummer membuat tampilan antarmuka yang sangat mendasar dan kemudian ditambahkan ke barusan kode Windows NT serupa solusi Selama sampai tampilan antarmuka yang lebih bagus selesai dibuat.

Peningkatan tampilan antarmuka itu tak pernah dibuat, dan 30 tahun selesainya, solusi Selama bikinan Plummer ini masih dipakai di Windows 11.

Tak cuma tampilan yang sangat sederhana, namun keterbatasan fitur Format itu pun ternyata ialah andil dari Plummer. Ya, ia ialah salah satu penyebab mengapa kapasitas partisi FAT maksimal cuma 32GB.

“Saya harus memutuskan seberapa besar “cluster slack” yang terlalu banyak, dan semua itu menyebabkan keterbatasan ukuran format untuk volume FAT menjadi 32GB,” jelasnya.

“Batasan itu merupakan pilihan sebelahan yang diambil pagi itu, dan kemudian menjadi efek samping yang permanen,” kata Plummer.

Sebagai penjelasan, FAT sebetulnya menjunjung volume hingga 2TB, namun konsumen perlu menggunakan softgware buatan belahan ketiga di Windows untuk membuat partisi ini, ataupun sebetulnya Windows bisa mengenali FAT beserta ukuran yang lebih besar ini.

Simak Video “Windows 11 Tidak Lagi Dapat Digunakan di PC dan Laptop Lawas
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)



amazing)