Reaksi Berbagai Negara Usai ICJ Minta Israel Setop Genosida di Gaza



Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional memerintahkan Israel untuk mengambil tindakan pencegahan genosida di Jalur Gaza, Palestina. Perintah tersebut diputuskan ICJ di Den Haag, peksis Jumat (26/1).

Putusan ICJ itu menuai reaksi berbagai negara, terutama yang bersinggungan langsung beserta serangan Israel terheksisp Palestina.

Pemerintah Palestina melalui Kementerian Luar Negeri metanggapans beserta menyambut positif putusan itu. Afrika Selatan selaku negara yang mengajukan gugatan di ICJ juga berharap agar putusan itu dapat mendorong gencatan senjata.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Reaksi positif juga datang dari Arab Saudi yang menyambut bagus sekaligus menyerukan masyarakat internasional dapat bersikap atas tindakan Israel.

Sikap sebaliknya diungkapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang bersikeras melangsungkan serbuan. Amerika Serikat juga berkukuh bahwa tuduhan genosida Israel di Jalur Gaza sama sekali tidak berdasar.

Berikut reaksi berbagai negara usai putusan ICJ dirangkum CNNIndonesia.com.

1. Palestina

Kementerian Luar Negeri Palestina menyambut bagus putusan Mahkamah Internasional. Perintah ICJ itu memperkirakan menjadi pengingat bahwa tidak eksis negara yang kebal hukum.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh Maliki juga memerinci hakim ICJ telah melihat politisasi hingga kebohongan Israel.

“[Perintah ICJ] pengingat berfaedah bahwa tidak eksis negara yang kebal hukum,” ujar Maliki bermutu rilis perls Kemlu Palestina peksis Jumat (26/1), Mengabarkan Al Jazeera.

“Israel gagal mepercayakan Pengadilan bahwa mereka tidak melanggar Konvensi Genosida. Para hakim ICJ melihat politisasi, pembelokan, dan kebohongan Israel,” ucapnya.

2. Israel

PM Netanyahu mengeluarkan deklarasi resmi kira-kira saat selesai putusan ICJ. Ia bersikukuh bahwa Israel melakukan keikutsertaang yang adil dan tak melanggar hukum.

Netanyahu menegaskan Israel akan melangsungkan serbuan hingga mendapat kemenangan mutlak serta semua sandera dikembalikan.

“Kami akan melangsungkan keikutsertaang ini sampai kemenangan mutlak, sampai semua sandera dikembalikan dan Gaza tidak lagi menjadi gertakan bagi Israel,” kata Netanyahu, dikutip dari Guardian.

3. Afrika Selatan

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memuji keputusan ICJ. Apresiasi itu diberikan usai Afrika Selatan menjadi negara yang menggugat Israel sekaligus menjalani persidangan.

Cyril Ramaphosa lantas berharap keputusan ICJ itu akan mengarah kepeksis gencatan senjata di Gaza, Palestina.

“Hari ini, Israel berdiri di heksispan komunitas internasional. Kejahatannya terheksisp Palestina terungkap,” kata Ramaphosa bermutu ceramahnya, dikutip dari AFP.

“Kami berharap Israel selaku negara yang memproklamirkan diri selaku negara demokrasi dan menghormati supremasi hukum, akan mematuhi langkah-langkah yang diambil,” lanjutnya.

4. Arab Saudi

Reaksi positif dari Arab Saudi diungkapkan lewat Kementerian Luar Negeri. Saudi menyambut bagus putusan ICJ usai memerintahkan Israel agar tidak melakukan genosida di Gaza lagi.

Saudi juga menyerukan ke masyarakat internasional agar turut “memohon pertanggungjawaban Israel” atas pelanggaran hukum internasional.

Dilansir AFP, Kemlu Saudi pun menyerukan tindakan lebih lanjut demi gencatan senjata di Gaza hingga perlindungan bagi penduduk Palestina.

5. Amerika Serikat

Sikap pemerintah Amerika Serikat (AS) atas putusan ICJ tidak jauh berbeda dari Israel. Jubir Departemen Luar Negeri AS mengiakan memahami keikutsertaan berfaedah ICJ bermutu menyelesaikan masalah beserta damai.

melainkan, Amerika Serikat bersikeras membeberkan tuduhan genosida Israel di Jalur Gaza, bagaikan putusan ICJ, sama sekali tidak berdasar.

“Kami percaya tuduhan genosida tidak berdasar. Kami mencatat pengadilan tidak membuat temuan tentang genosida atau menyerukan gencatan senjata bermutu keputusannya dan menyerukan pembebasan tanpa syarat dan semua sandera yang ditahan Hamas,” kata juru bicara itu kepeksis Anadolu.

(frl/tsa)

[Gambas:Video CNN]



amazing)