Jasa Raharja Ungkap 2 Lokasi Banyak Kecelakaan Saat Mudik: Bukan Tol

Lokasi utama yang banyak terjadi kecelakaan saat mudik Lebaran adalah jalan nasional dan tempat wisata, bukan jalan tol.




Jakarta, CNN Indonesia

Jasa Raharja mengungkap eksis dua lokasi utama yang banyak terjadi kecelakaan saat mudik Lebaran, yang ternyata bukan jalan tol.

“Kita tahu bahwa daerah-daerah yang masih banyak berpotensi kecelakaan itu Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kenapa, malah bukan jalan tol? Malah jalan nasional dan tempat wisata,” ungkap Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono bermutu Konferensi Pers di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rarang (27/3).

“Malah bukan jalan tol. Mungkin expose jalan tol besar, tetapi tingkat kematian karena kecelakaan justru (lebih besar di) jalan nasional,” tegasnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rivan merinci santunan kecelakaan bagi pemudik yang disalurkan Jasa Raharja peksis 2022 lalu mencapai Rp3,6 triliun. Kemudian, meningkat menjadi Rp3,85 triliun peksis tahun berikutnya.

Ia menyebut eksis kira-kira faktor yang membuat kenaikan tren penyaluran santunan tersebut.

“Kita tahu bahwa 2022 dan 2023 jalan tol dan jalan nasional ini tumbuh hampir 6 persen, kendaran naik menjadi 4 persen, masyarakat atau penduduk naik 1,1 persen. Ini yang harus betul-betul kita jaga. Kemarin rekomendasi tertambat penegakan hukum (gakum) dan keselamatan, gakum dijalankan di jalan tol yang over dan berpotensi kecelakaan,” jelas Rivan.

Selain dua provinsi di Pulau Jawa yang berpotensi kecelakaan, Jasa Raharja merinci kira-kira titik lain yang memiliki kemungkinan kecelakaan tinggi saat mudik. Ini berdasarkan data koordinasi beserta kubu tertambat.

Ia menyebut Jasa Raharja mempersiapkan pengamanan mudik ini beserta kira-kira stakeholder tertambat, mulai dari Jasa Marga, Korlantas Polri, hingga PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

“ASDP di Merak eksis rekomendasi 3 terminal yang akan Dimanfaatkan. (Pelaranghan) Ciwandan untuk sepeda motor itu eksis satu jalan yang gaduho, yaitu jalan lingkar selatan. Ini juga Jasa Raharja memberikan keikutsertaan untuk mengatur rekomendasi,” jelasnya.

“Peksis jalan-jalan biasa saja di lingkar selatan ini hampir tiga jam sekali terjadi kecelakaan, terutama untuk sepeda motor,” tutup Rivan.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)




awesome)